TRENDING NOW

Sebuah blog dari gunawan cavalera
Tips Agar Lebih Mudah Tertidur Malam Ini

Sudah bersiap tidur tapi mata tak kunjung terpejam, pastinya bisa bikin jengkel. Untuk mengatasi hal itu, tak ada salahnya jika Anda mencoba berbagai tips yang dibagikan oleh para pakar.

Apa saja ya? Berikut ini penuturan para pakar soal tips apa yang mereka lakukan agar lebih mudah tidur, seperti dikutip dari Prevention.


1. Rilekskan otot

Sandra Block, MD, neurolog dan penulis 'The Girl Without a Name' mengatakan merelaksasi oto bisa mengurangi ketegangan fisik yang Anda alami. Ia mengatakan, cobalah membuat bagian otot Anda mulai dari jari-jari kaki sampai kepala rileks selama lima detik secara bertahap. Kemudian, buat skenario di mana Anda berada di suasana yang bisa membuat santai.

"Saya biasanya membayangkan saya ada di pantai dengan matahari berkilauan disertai deburan air laut. Kemudian saya membayangkan sedang bersantai di pinggir pantai. Sugesti seperti itu ampuh membuat saya mengantuk," kata Block.

2. Biarkan Anda tetap terjaga

Meski terdengar berlawanan dengan intuisi, ketika seseorang terjaga dan khawatir tidak bisa tidur maka lakukan sebaliknya yaitu biarkan diri Anda tetap terjaga. Demikian disampaikan direktur Duke University's Pediatric Neurology Sleep Medicine Program, Sujay Kansagra, MD. Dengan begini, menurut Kansagra Anda bisa memberi kesempatan tubuh dan pikiran untuk bersantai dan tanpa disadari hal itu malah membuat rasa kantuk timbul.

3. Membuat smoothie

Smoothie bisa diandalkan untuk membantu tidur lebih nyenyak. Seperti diutarakan Robert S Rosenberg, spesilis kesehatan tidur, ia akan membuat smoothies dari greek yoghurt, susu almond rendah lemak, dan ceri. Ia mengatakan, kombinasi bahan-bahan tersebut mengandung nutrisi yang dapat mempromosikan tidur seperti tryptophan, kalsium, dan magnesium.


4. Jadwalkan me time

Bagi Lisa Medalie, spesialis kesehatan tidur di University of Chicago, me time ampuh membuatnya lebih mudah tertidur. Sebab, dengan melakukan me time pada dasarnya Anda membuat pikiran dan tubuh rileks. Dengan meredakan stres dan ketegangan yang dialami, maka proses kantuk akan lebih mudah dialami.

5. Tulis catatan

"Setidaknya 3 jam sebelum tidur, tuliskan hal yang Anda khawatirkan dan kira-kira apa opsi solusi yang ada. Dengan melakukan itu, stres dan kekhawatiran yang dialami bisa mereda dan Anda bisa lebih mudah terpejam," kata Rosenberg.



6. Lakukan latihan pernapasan

Jose Colon, MD, penulis buku 'The Sleep Diet: A Novel Approach to Insomnia' mengandalkan latihan pernapasan untuk membuatnya lebih mudah memgantuk. Ia mencoba bernapas sedikit lebih tenang, lambat, sembari menghitung mundur napasnya dari hitungan 100. Ketika lupa sudah bernapas di hitungan ke berapa, Colon mengatakan itu berarti ia sudah hanyut ke dalam ritual tersebut.

"Jika lupa saya akan mengulangnya dari awal. Bernapas perlahan disebut ampuh membantu mengurangi stres dan memicu respons relaksasi," ujar Colon.


7. Jauhkan hewan peliharaan

"Saya tidak pernah mengizinkan hewan peliharaan saya masuk ke kamar ketika saya akan tidur. Bagaimanapun, hewan memiliki ritme sirkadian yang berbeda dengan kita dan akan mengganggu proses tidur manusia hanya dengan ketika hewan ini bergerak," tutur Robert Oexman, direktur Sleep to Live Institute.

8. Jaga suhu kamar

Rosenberg mengatakan, menurut penelitian suhu kamar dengan kisaran 17-21 derajat celcius bisa memberi efek baik pada proses tidur. Pasalnya, suhu tubuh akan menurun di malam hari dan mengirim sinyal tidur ke otak. Nah, suhu ruangan yang cenderung hangat bisa menghambat proses tidur ini.(gunawan cavalera)